Saturday, 13 October 2018

Rekomendasi Browser Windows yang Ringan


Saat ini, pintu untuk menjelajahi internet adalah melalui browser. Dengan browser kita bisa dengan mudah mengakses berbagai situs dan melakukan banyak hal. Namun kendala yang sering dialami bagi para pengguna browser khususnya browser windows adalah penggunaan memori atau RAM yang berlebihan yang menyebabkan PC menjadi lemot, terutama bagi yang memiliki RAM dibawah 4GB, pasti akan mengalami berbagai kendala untuk melakukan multitasking.

Sebenarnya solusinya cukup mudah, yakni dengan tidak membuka tab browser berlebihan atau menutup tab yang tidak digunakan. Situs yang memiliki banyak konten video dan gambar adalah yang paling mendominasi dalam hal konsumsi RAM (chacing), jadi jangan buka youtube, instagram, google image, dll di banyak tab ya, dijamin KO dah kalo RAM nya tidak memadai. 

Selain itu, ada pula solusi lain untuk mengatasi permasalahan penggunaan RAM, yakni dengan optimasi browser itu sendiri. Memang sih kita bisa optimasi sendiri, utak atik setting browser, namun semua itu tidak akan membuahkan hasil yang maksimal. Karena itulah kita lebih baik pasrah pada developer software browser yang saat ini mulai naik daun, yakni Flashpeak Slimjet

Flashpeak Slimjet adalah browser yang menggunakan pemrogaman dasar dari Chrome, namun dikembangkan ulang dengan optimasi khususnya pada bagian RAM. Jadi intinya browser ini sudah disetting oleh developernya agar lebih hemat penggunaan RAM. Kamu juga bisa utak-atik setting untuk lebih meningkatkan performa lagi, jadi browser ini sangat recommended bagi yang memiliki spek PC kere hore.

"Emang sudah terbukti gan??" sudah kok, saya sudah coba melakukan perbandingan dengan Chrome yang katanya ringan juga. Google Chrome hanya membuka tab awal kosong saja sudah memakan ram berlebih, dan penggunaan ram chrome pada tab awal tersebut setara dengan penggunaan 4 tab di Flashpeak slimjet. Tab yang saya buka di Slimjet adalah Google Drive (berat), blogger (ringan), google image (berat), dan web slimjet. Semuanya hanya menghabiskan RAM 130MB, sedangkan Chrome yang hanya membuka 1 tab kosong saja sudah menghabiskan RAM 150MB dengan penggunaan CPU yang 2x lipat dari slimjet. Berikut adalah Screenshotnya :


Klik gambar untuk memperbesar. Perbedaan konsumsi RAM dan CPU ini bisa menjadi pertimbangan kalian untuk memilih Slimjet. Selain ramah penggunaan RAM, Slimjet browser juga sudah memiliki fitur tambahan yakni integrated adblock dan video downloader. Kedua fitur ini juga tidak memberatkan sistem. Kita juga bisa menambahkan berbagai ekstensi melalui chrome web store, karena pemrogaman dasar browser ini adalah dari chrome.

Download Slimjet Browser | Versi yang aya Gunakan
Download Slimjet Browser | Versi Baru dari Web Resmi

Nah, untuk saat ini yang saya ketahui adalah Slimjet ini saja yang benar-benar hemat RAM, saya akan buat artikel lagi jika kedepannya ada yang lebih bagus lagi. Saya tidak ada niat promosi, tapi saya memberikan sebuah informasi dari apa yang telah saya alami. Semoga bisa bermanfaat, terimakasih telah berkungjung.

Note :
Kamu harus tetap instal versi 32bit meskipun PC kamu 64bit agar efek hemat ram nya benar-benar bisa dirasakan. 

Admin Team

Kalau mau komen, komen aja gak usah sungkan-sungkan
EmoticonEmoticon