Saturday, 10 February 2018

Khusus Laptop Dell, Cara Atasi Blackscreen : LCD Mati, CPU hidup

Kebanyakan orang pasti pernah mendapatkan masalah pada laptop atau notebooknya, entah itu masalah system yang berkaitan dengan penggunaan perangkat lunak yang kurang benar, maupun masalah hardware yang berkaitan dengan kurang tepatnya perawatan fisik laptop tersebut. Kedua masalah tersebut pasti akan menghampiri kamu jika kamu kurang berhati-hati.
Sesuai dengan judul artikel ini, tentu lebih fokus pada masalah hardware. Ya, tentang masalah LCD/monitor yang tiba-tiba mati/blank namun sistem atau cpu-nya masih menyala dan suara juga masih berfungsi. Masalah ini tentu berbeda dengan masalah Blackscreen dan Bluescreen yang disebabkan oleh kesalahan pengguna dalam mengelola sistem operasi pada laptop mereka.

Untuk masalah blank screen yang dibahas di sini murni karena disebabkan oleh hardware yang memiliki sedikit gangguan (mungkin terlalu lelah). Gejala pertama fenomena kerusakan ini adalah ketika kamu sedang asyik bermain laptop tiba-tiba layar menjadi gelap, namun semua komponennya masih hidup, seperti CPU, sound, CPU Fan, dan suara Harddisk yang bekerja. Tentu kamu merasa panik dan mencoba mematikan laptop dengan menekan lama tombol power agar laptop mati. Namun setelah laptop dimatikan dan kamu mencoba menghidupkannya lagi, layar monitor tetap blank, logo booting tidak tampil, namun CPU masih berjalan. Kamu bisa menunggunya sedikit lama hingga terdengar bunyi suara logon windows yang berarti cpu nya masih bekerja seperti biasa. 


Semua orang pasti menganggap bahwa LCD nya sudah rusak dan waktunya mengganti, namun khusus laptop dell hal tersebut adalah salah kaprah. Hal tersebut sudah dialami oleh admin ketika sibuk mengerjakan tugas kuliah dan tiba-tiba mengalami fenomena blank screen ini. Saya pun panik dan mencoba restart laptop saya, namun layar laptop tetap blank. Lalu cara kedua yang saya lakukan adalah dengan membongkar laptop lalu memasang ulang kabel LCD yang tersambung ke motherboard, habis saya lepas saya pasang kembali. Hal tersebut juga tidak membuahkan hasil. Hingga akhirnya saya istirahat sejenak untuk membuka HP dan browsing ke situs dell.com untuk mencari bantuan.

Pencerahan pun datang, seakan saya mendapat sebuah ilham dari Tuhan. Bahwa di situs support dell.com terdapat sebuah panduan mengenai pemecahan masalah blankscreen pada laptop dell. Hal tersebut kebanyakan terjadi pada dell pabrikan tahun 2015 kebawah. Saya membaca panduan secara detail dan menemukan satu cara yang benar-benar sangat tidak diduga seperti sebuah keajaiban. Cara yang saya temukan di situs tersebut sangat-sangat simple dan membuat saya merasa percuma telah membongkar laptop untuk replug kabel LCD di motherboard. Nah bagaimana caranya? Ikuti tutorial berikut ini :

#1. Matikan Laptop
Pastikan laptop kamu dalam keadaan mati. Baterai tidak perlu dilepas, biarkan normal saja.

#2. Siapkan Sumber Daya
Kamu perlu menancapkan charger laptop kamu ke stop kontak dan membuat laptop dalam keadaan 'sedang mengisi' agar saat proses perbaikan tidak ada kendala.

#3. Proses Perbaikan
Ini adalah hal yang paling penting yang harus kamu lakukan. Untuk memperbaiki masalah blankscreen ini, kamu hanya perlu mendiagnosa masalah VGA dan LCD kamu yang bisa dilakukan hanya pada saat booting. Caranya :


Pasa saat laptop dalam keadaan mati, tekan dan tahan tombol huruf D pada keyboard, lalu tekan tombol power. Tunggu hingga menyala.

#4. Proses Diagnosa
Pada saat proses diagnosa, Layar akan mengedipkan beberapa warna yang berbeda dan mungkin juga mengeluarkan suara beep yang cukup keras. Proses ini terjadi selama beberapa menit. (layar monitor terus mengedipkan warna-warna)

#5. Masalah Selesai
Jika diagnosa telah dilakukan, maka laptop kamu akan otomatis restart dan kamu bisa lihat logo booting dell seperti sedia kala.

Perlu diketahui bahwa tutorial kali ini adalah langkah awal untuk mendiagnosa masalah LCD pada laptop dan memperbaikinya. Karena jika kamu sudah melakukan berbagai eksperimen yang salah sebelum melakukan cara ini mungkin LCD kamu tidak akan tertolong. Jadi sebisa mungkin jika menemui masalah ini, lakukan tutorial diatas terlebih dahulu. Dan jika memang cara diatas tidak mempan di laptop kamu, berarti ada masalah pada VGA card kamu atau LCD yang mungkin ada kendala pada kabel atau komponen lainnya. Untuk mencegahnya, kamu hanya perlu membatasi penggunaan laptop kamu, jangan sampai laptop dibiarkan terlalu lama menyala layarnya. Atur power saving plan di control panel (kapan layar mati, kapan sleep, dsb). 

A double-faced man, who looks happy in front of everyone, when all he likes is silence.

Kalau mau komen, komen aja gak usah sungkan-sungkan
EmoticonEmoticon