Thursday, 14 May 2015

Mengatasi File yang Tidak Bisa Di Hapus


Memang menyebalkan apabila kita hendak menghapus sebuah file yang kita anggap tidak berguna namun nyatanya tidak bisa. Sebagian orang pasti panik karena takut itu adalah file virus atau malware yang berbahaya. Ada juga yang menganggap itu adalah file system dan tidak boleh untuk menghapusnya. Tapi ketahuilah, file system hanya ada di direktori instalasi windows anda misal pada C:\windows\system. Disitulah kita tidak boleh sembarangan menghapus file, atau windows anda nanti akan bermasalah.

Nah, kalo misal kita menemukan file selain di direktori instalasi windows dan tidak bisa dihapus? apa itu virus? file system juga tidak mungkin kan?. Cara mengatasinya sangat mudah. Pertama anda harus scan dulu file tersebut menggunakan Antivirus andalan anda. Jika file tersebut adalah virus, maka akan otomatis terdeteksi dan bisa dihapus. Namun kalo nyatanya file tersebut tidak terdeteksi virus, berarti file tersebut masih nyangkut di windows service anda (dalam arti masih berjalan atau terbuka pada proses latar belakang windows anda). Kalau seperti ini, kita bisa mengatasinya dengan menggunakan software khusus yang bernama Unlocker. Tutorialnya silahkan simak di bawah ini :

#CARA 1
Pertama download dulu software Unlockernya.  klik disini | via google drive | 1mb. Kemudian instal seperti biasa. Jika sudah, silahkan cari file yang tidak bisa dihapus. 
Klik kanan pada file tersebut, dan klik Unlocker.


Nanti akan muncul tampilan softwarenya. Setelah itu pilih Hapus pada pilihan actionnya dan klik Ok




Jika ada peringatan "Object tidak dapat dihapus, apakah anda ingin menghapus pada reboot selanjutnya?" klik saja iyaKemudia restart windows anda. 
Cek file tadi dan seharusnya file tersebut sudah tidak ada.

#CARA 2
Jika cara di atas masih tidak bisa, berarti kita harus gunakan cara manual :

Cek nama file yang tidak bisa dihapus tersebut kemudian buka task manager dan pilih tab service. Carilah apakah ada yang sama namanya dengan file yang tidak bisa dihapus tersebut. Jika ada, klik kanan pada service tersebut dan pilih stopKemudian kembali ke file tadi dan silahkan di hapus. Saya pernah berhasil menggunakan cara yang ke-2 untuk menghapus satu file yang tidak bisa dihapus setelah proses uninstalisasi program netcut. File itu bernama Aips. Kemudian saya gunakan cara yg ke-2 di atas dan berhasil :) Bukti screenshot service Aips yang sudah saya stop pada waktu itu :



Screenshot filenya tidak ada karena sudah terhapus duluan. Kurang lebih seperti itu, semoga berhasil dan tidak ada masalah lagi. Mohon maaf kalau misal ada yang salah. Kalau ga work jangan salahkan saya, saya hanya mencoba memberi solusi. Thanks for visit

A double-faced man, who looks happy in front of everyone, when all he likes is silence.

20 komentar

wah baru tau saya gan caranya, nice post deh..

aku pernah kayak gini nih haha,...

hehe, kalo ngalamin lagi tinggal coba cara diatas ya :)

pas nih lg nyari solusi yg ginian gan :D
thanks...

Keren gan..
Mampir ya di Kangbar.blogspot.com

nice info . kunbal nya ditunggu ke http://tampingmojo1.blogspot.sg/

terimakasih.. tunggu kunbalnya ya :)

kunbal telah dilaksanakan :D thanks

ARTIKEL yang sangat menarik bagus

jangan lupa kunjungi blog sederhanna saya yah
ganz smoga agan berbaik hati melihat blog saya
http://www.internetinformatika.tk/2015/05/intelejen-inggris-siap-merangkul-hacker.html

heheh, semoga bermanfaat ya :)

wah ane baru tau kalau ada file yg gak bisa kehapus gan
ane bookmark dulu buat jaga2 kalau kejadian hehe

hehe iya gan silahkan :) terimakasih udah mau berkunjung

Kalau mau komen, komen aja gak usah sungkan-sungkan
EmoticonEmoticon