Sunday, 6 April 2014

Old Method Untuk Uninstall Semua Versi Avast Antivirus



Avast merupakan antivirus yang tingkat keamanannya cukup tinggi. Baik keamanan pada PC yang telah di instal maupun pada dirinya sendiri (Self Protection). Karena itulah terdapat beberapa kesulitan atau kerumitan yang akan kita hadapi ketika hendak merubah atau mengutak-atik settingan software ini. Selain itu, avast ini juga hampir mirip dengan avira jika membicarakan masalah virus definisi, databasenya sangat lengkap, sehingga mereka sering sekali memberi notifikasi tentang adanya virus yang mencoba menginfeksi PC kita.

Masalah notifikasi, tentu ada hal positif dan negatifnya. Positifnya adalah tentang tingginya tingkat keamanan agar terhindar dari kerusakan, sedangkan negatifnya adalah "berisik" dan kadang muncul pada saat yang tidak tepat. Karena itulah mengapa sekarang banyak yang mulai meninggalkan software antivirus ini karena kesannya over protektif dan lebih suka beralih ke antivirus yang lebih fleksibel. Akhirnya antivirus seperti avast dan kawannya ini banyak di uninstal dan dilupakan. Termasuk admin juga sekarang lebih suka menggunakan antivirus yang lebih ringan (ada artikelnya di blog ini).

Sekarang kita kembali lagi ke avast. Karena tingginya tingkat self protection, avast tidak bisa diuninstal secara manual dengan mudah, demi menghindari siapa tahu ada virus yang bisa bekerja untuk uninstal avast dengan manual atau hal buruk lain. Karena itulah ada cara tersendiri untuk uninstal avast antivirus ini, yaitu dengan cara sebagai berikut :
  • Pertama anda harus mendownload software pembantunya, yaitu avast clear. anda bisa mengunduhnya melalui link berikut ini : unduh
  • Setelah berhasil unduh, saatnya anda setting boot PC anda agar bisa masuk Safe Mode saat diaktifkan. Caranya adalah dengan cara tekan tombol windows+R (run) lalu ketik "msconfig" lalu enter. Cari menu boot dan centang pada safe boot. Lalu OK dan restart PC anda.
  • atau juga bisa dengan cara pada saat hendak menghidupkan PC, tekan tombol power+f8 berulang kali, lalu ada pilihan menu boot, pilih safe mode. (tombol f8 bisa diubah sesuai jenis/brand PC/laptop, karena bisa saja beda)
  • Setelah berhasil masuk safe mode, cari file avastclear.exe yang telah diunduh tadi dan run as administrator. Silahkan atur sesuai yang anda butuhkan, tinggal klik ok, ok, saja. Lalu tunggu hingga proses uninstal beres. 
  • Jika uninstal selesai, anda harus restart PC agar semuanya bisa kembali normal.
Seperti itulah cara uninstal avast antivirus, sedikit ribet namun sangat aman dan terhindar dari segala macam penyakit. Perlu diketahui bahwa software avastclear tersebut adalah murni atau asli buatan avast, bukan software pihak ketiga, jadi jangan khawatir untuk menggunakannya. Dan setelah uninstal avast jangan lupa untuk segera memasang antivirus baru sesuai keinginan anda agar PC tetap aman tanpa ada resiko kerusakan akibat adanya virus.

A double-faced man, who looks happy in front of everyone, when all he likes is silence.

Kalau mau komen, komen aja gak usah sungkan-sungkan
EmoticonEmoticon